Pada tahun 2024, Pantai Timur Amerika Serikat menjadi destinasi yang konsisten untuk volume kecil diesel terbarukan, seiring dengan beberapa pemasok dan pemerintah lokal yang mulai menawarkan atau mengonsumsi bahan bakar ini. Karena tidak ada produksi diesel terbarukan di Pantai Timur, pemasok dan pemerintah lokal mendapatkan pasokan mereka dari kombinasi impor dan pengiriman antarwilayah di AS.
Diesel terbarukan adalah bahan bakar transportasi dan pemanas yang secara kimiawi setara dengan distilat berbasis minyak bumi dan diproduksi menggunakan lemak, minyak, atau lemak hewan, bukan minyak bumi. Bahan bakar ini terutama dikonsumsi di Pantai Barat karena California, Oregon, dan Washington adalah satu-satunya negara bagian dengan program bahan bakar bersih aktif yang mendorong konsumsinya. Namun, volume kecil tetapi meningkat dari diesel terbarukan kini dikonsumsi di wilayah AS lainnya, terutama Pantai Timur.
Dalam lima bulan terakhir yang memiliki data historis (Mei–September), konsumsi diesel terbarukan di Pantai Timur telah melampaui rekor tertinggi sebelumnya, berkisar antara 5.000 barel per hari (b/d) hingga 7.000 b/d.
Peningkatan konsumsi diesel terbarukan di Pantai Timur disebabkan oleh keputusan beberapa pemasok dan pemerintah lokal:
- Sprague, pemasok energi di Timur Laut, membuka stasiun ritel pertama di Pantai Timur yang menawarkan diesel terbarukan pada Januari 2024. Mereka juga membuka terminal diesel terbarukan di Bronx, New York City pada Juni 2023 dan di bagian utara New York pada Juni 2024.
- Neste, produsen diesel terbarukan terbesar di dunia, bermitra dengan pengirim bahan bakar Diesel Direct dan K.W. Rastall Oil untuk memasok diesel terbarukan ke New Jersey Natural Gas dan Township of North Brunswick di New Jersey.
- Pada Agustus 2024, pemasok energi Global Partners mulai menawarkan diesel terbarukan di terminalnya di East Haven, Connecticut.
Sedikit lebih dari setengah diesel terbarukan yang dipasok ke Pantai Timur pada 2024 berasal dari impor dari pabrik Neste di Singapura, Finlandia, dan Belanda. Hingga September 2024, Neste mengirimkan diesel terbarukan ke Pantai Timur setiap bulan kecuali April dan Mei, dengan rata-rata pengiriman 3.000 b/d selama sembilan bulan pertama tahun ini.
Dari diesel terbarukan yang diimpor ke Pantai Timur, sekitar dua pertiga ditujukan untuk New Jersey, dengan sisanya untuk Georgia, menurut data tingkat perusahaan. Dinamika perdagangan ini dapat berubah pada 2025 dengan penerapan Kredit Produksi Bahan Bakar Bersih Bagian 45Z, ketentuan dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi 2022 yang akan membuat impor biofuel tidak memenuhi syarat untuk kredit pajak.
Dampak konsumsi diesel terbarukan di Pantai Timur terhadap pasar diesel terbarukan nasional dan internasional cukup signifikan meskipun tidak besar. Pantai Timur kini memegang hampir 10% dari inventaris diesel terbarukan di Amerika Serikat dan menarik hampir 10% dari impor AS. Selain itu, pengiriman antarwilayah AS dapat mengambil ruang kargo pada sejumlah kapal terbatas yang mematuhi Undang-Undang Kelautan Pedagang 1920, juga disebut Undang-Undang Jones, yang mengatur pengiriman barang antara pelabuhan AS dan di perairan pesisir AS.
Meskipun ada pertumbuhan konsumsi diesel terbarukan di Pantai Timur baru-baru ini, diesel terbarukan belum melebihi 1% dari kolam bahan bakar distilat di wilayah tersebut. Tanpa program bahan bakar bersih di negara bagian Pantai Timur, diesel terbarukan tidak mungkin secara signifikan menggantikan bahan bakar distilat di wilayah tersebut. Namun, beberapa negara bagian di Timur Laut telah mengusulkan undang-undang untuk memperkenalkan program bahan bakar bersih yang berpotensi meningkatkan konsumsi diesel terbarukan di wilayah tersebut.